Laporan Studio Perancangan Arsitektur 2

TOR
  Merencanakan rumah tinggal sederhana dengan konsep rumah ramah lingkungan.

Statement
  Pengertian
  • Rumah merupakan bangunan yang dijadikan tempat tinggal dalam jangka waktu tertentu.
  • Rumah ramah lingkungan adalah rumah yang pembangunannya,penggunaannya dan perawatannya tidak merusak lingkungan.
  Latar Belakang
     Banyaknya kerusakan lingkungan serta isu global warming yang semakin mengancam bumi sehingga terjadi perubahan suhu dan iklim bumi.

Pendeketan Ramah Lingkungan

Solar Sel

   Energi adalah satu kata yang mempunyai makna sangat luas karena tidak ada aktivitas di alam raya ini yang bergerak tanpa energi. Secara umum sumber energi dikategorikan menjadi dua bagian yaitu non-renewable energy dan renewable energy. Sumber energi fosil adalah termasuk kelompok yang pertama yang sebagaian besar aktivitas di dunia ini menggunakan energi konvensional ini.
Salah satu yang termasuk sumber energi terbarukan atau renewable adalah energi listrik tenaga surya atau juga disebut solar cell.Tenaga Surya adalah solusi pengembangan teknologi pembangkit listrik tenaga surya yang ramah lingkungan dan alternative mengurangi ketergantungan energy yang dihasilkan dari minyak bumi, batu bara, gas panas bumi, nuklir yang dapat mempercepat pemanasan suhu bumi(global warming).

   Secara sederhana solar cell terdiri dari persambungan bahan semikonduktor bertipe p dan n (p-n junction semiconductor) yang jika tertimpa sinar matahari maka akan terjadi aliran electron, nah aliran electron inilah yang disebut sebagai aliran arus listrik. Sedangkan struktur dari solar cell adalah seperti ditunjukkan dalam gambar.
   Bagian utama perubah energi sinar matahari menjadi listrik adalah absorber (penyerap), meskipun demikian, masing-masing lapisan juga sangat berpengaruh terhadap efisiensi dari solar cell. Sinar matahari terdiri dari bermacam-macam jenis gelombang elektromagnetik yang secara spectrum dapat dilihat pada gambar dibawah Oleh karena itu absorber disini diharapkan dapat menyerap sebanyak mungkin solar radiation yang berasal dari cahaya matahari.
Alat-alat yang diperlukan dalam pembuatan solar sel
1.  Modul/ Sollar cell
           Merupakan alat utama untuk menangkap, merubah, dan penghasil listrik. Dengan alat tersebut energy sinar matahari diubah menjadi listrik melalui proses aliran-aliran elektronegatif dan positif didalam cell modul tersebut karena perbedaan electron.
2.  Regulator
     Merupakan suatu rangkaian elektronik yang berfungsi untuk pengisian dari modul surya ke Battery dan penyaluran beban melalui Battery Control Regulator (BRC)
3. Battery
    Merupakan suatu alat yang dapat menyimpan dan menyalurkan energy listrik.
4. Inverter
    Inverter berfungsi sebagai pengubah bentuk tegangan arus searah dari baterai
menjadi tegangan arus bolak balik, dimana di indonesia sendiri listrik yang digunakan adalah listrik arus bolak-balik atau AC.

Biopori

   Lubang Resapan Biopori atau biasa disebut lubang biopori merupakan metode alternatif untuk meningkatkan daya resap air hujan ke dalam tanah.Biopori sendiri adalah istilah untuk lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai aktifitas organisme yang terjadi di dalam tanah seperti oleh cacing, rayap, semut, dan perakaran tanaman. Biopori yang terbentuk akan terisi udara dan menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah.
   Prinsip kerja lubang peresapan biopori sangat sederhana. Lubang yang kita buat, kemudian diberi sampah organik yang akan memicu biota tanah seperti cacing dan semut dan akar tanaman untuk membuat rongga-rongga (lubang) di dalam tanah yang disebut biopori. Rongga-rongga (biopori) ini menjadi saluran bagi air untuk meresap kedalam tanah.

Manfaat Biopori
  1. Meningkatkan daya resapan air
  2. Mengubah sampah organik menjadi kompos
  3. Memnfaatkan fauna tanah dan akar tanaman

Bukaan

Bukaan pada jendela dan pintu dibuat dengan cross sirkulasi agar tercipta penghawaan dan pengcahayaan yang baik.

Ruangan Terbuka Hijau

Ruangan terbuka hijau dibuat sebagai daerah resapan air agar tidak semua lahan dijadikan bangunan.





Previous
Next Post »