Hunian Hijau untuk Bumi yang Lebih Baik (SPA 2)

   Isu pemanasan global merupakan suatu masalah lingkungan yang sedang menjadi perbincangan oleh orang-orang di dunia. Efek pemanasan global mengakibatkan bumi semakin panas dan tentunya sangat berpengaruh buruk bagi kehidupan makhluk hidup di planet bumi. Sebenarnya proses pemanasan bumi terjadi akibat ulah manusia juga. Banyak aktivitas manusia sehari- hari yang pada akhirnya malah menyumbangkan panas pada bumi.
   Manusia sebagai makhluk berakal berusaha mencari solusi untuk mencegah dampak buruk dari pengaruh pemanasan global. Salah satunya adalah dengan menciptakan hunian yang lebih hijau atau dengan konsep ramah lingkungan.

   Selain itu, konsep rumah hijau termasuk meminimalisasi penggunaan sumber daya alam ketika proses pembangunan rumah, memilih material bangunan yang ramah lingkungan, keberadaan taman dalam rumah, serta memilih lampu hemat energi yang tepat guna sehingga menghemat penggunaan listrik secara efisien. Untuk membangun hunian jenis ini juga tidak memerlukan biaya tinggi.
 
Syarat bangunan hijau

  1. Layout desain bangunan  sebesar 10 persen
  2. Konsumsi dan pengelolaan air bersih 10 persen
  3. Pemenuhan energi listrik 30 persen, 
  4. Bahan bangunan 15 persen, 
  5. Kualitas udara dalam 20 persen, dan 
  6. Terobosan inovasi (teknologi, operasional) sebesar 15 persen.Volume bangunan dijaga agar biaya pembangunan, pengoperasian, dan pemeliharaan terkendali dan lebih hemat.

Beberapa cara dalam menciptakan hunian ramah lingkungan

  1.  Pemanfaatan energi alternatif
  2. Sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik
  3. Penggunaan material lokal
  4. Teknologi ramah lingkungan seperti biopori, solar sel
Previous
Next Post »